Ciliwung Naik Warga Di Harap Waspada


Ilustrasi Banjir
 Hujan di bagian hulu Sungai Ciliwung yakni di daerah Bogor dan sekitarnya sejak Sabtu 11 Januari sore menyebabkan naiknya debit air sungai Ciliwung sejak Minggu pagi tadi pukul 08.00 WIB. Kini pun status kewaspadaan naik menjadi level 3. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI telah mencatat hasil pantauan pukul 11.00 WIB di pos pengamatan debit sungai di Bendungan Katulampa Depok, Pintu Air Manggarai, dan Bendungan Angke.
"Bendungan Katulampa Depok, Pintu Air Manggarai, dan Bendungan Angke Hulu dalam level siaga 3. Sedangkan yang lain masih normal atau siaga 4 atau kondisi masih aman," ujar Sutopo melalui pesan elektroniknya, Minggu (12/1/2014).
Sutopo mengatakan, BPBD DKI telah memerintahkan para walikota, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kepala UKPD, Camat dan lurah mengaktifkan posko siaga bencana masing-masing dan memonitor perkembangan kejadian serta mengecek kesiapansiagaan masing-masing.
"Mengingat situasi Jakarta dari mulai kemarin sampai saat ini diguyur hujan dan beberapa pintu air baik di hulu maupun di Jakarta sudah mengalami kenaikan status ke siaga 3," ujar Sutopo.
Terkait kenaikan debit air Sungai Ciliwung, Sutopo mengimbau kepada masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di bantaran sungai untuk lebih waspada. "Saat ini genangan terjadi genangan Kelurahan Ulujami RT 17, 19 RW 03, RT 09 RW 07, RT 08 sampai RT 10 RW 05 Kelurahan Kampung Melayu RW 03,05, dan 06. Pendataan masih dilakukan BPBD DKI Jakarta."
Sementara berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sutopo menambahkan, potensi banjir di Jakarta untuk hari ini dan Senin 12 Januari adalah rendah-sedang.
Berikut tinggi muka air sungai-sungai di Jakarta pada pukul 11.00 Wib adalah sebagai berikut:
Katulampa 80 cm/Hujan (siaga 3)
Pesanggrahan 110 cm/Hujan (siaga 4)
Angke Hulu 210 cm/Mendung (siaga 3)
Cipinang Hulu 95 cm/Mendung (siaga 4)
Pulogadung 410 cm/Mendung (siaga 4)
Depok 200 cm/Hujan (siaga 3)
Manggarai 740 cm/Hujan (siaga 3)
Karet 450 cm/Mendung (siaga 4)
Waduk Pluit 175 cm/Hujan (siaga 4)
Krukut Hulu 100 cm/Mendung (siaga 4)

Comments

Popular posts from this blog

Kebenaran Toruk Makto, Naga, dan Garuda

Ciri-Ciri Cabe-Cabean dan Cara Mengenalinya

Jiahh, Pengumuman Seleksi CPNS K2 Di Undur Bulan Depan